Selamat datang di website resmi Kec. Pangkalan Lesung

Dipublikasikan pada :

28 Agustus 2017 | 11:50:35 WIB

 

 

 

                                              KATA PENGANTAR

 

 

Asalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji Syukur kehadiran Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan Rahmat dan Hidayahnya Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Pangkalan Lesung tahun 2011–2016 ini dapat tersusun dengan baik. Sebagaimana diketahui untuk tercapainya visi, misi, tujuan maupun sasaran maka perlu perencanaan yang baik, akuntable dan konfrehensif.

Salah satu upaya kearah tersebut adalah dengan disusunnya Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra-SKPD) Kantor Camat Pangkalan Lesung dalam jangka waktu lima tahunan yang bersifat indikatif. Renstra-SKPD  Kecamatan Pangkalan Lesung memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Pelalawan Tahun 2011-2016. Renstra-SKPD Kecamatan Pangkalan Lesung Tahun 2011-2015 disusun guna menyediakan suatu tolok ukur dengan memperhatikan indikator dan sasaran kinerja sehingga dapat dilakukan evaluasi kinerja tahunan.

Akhirnya dengan disusunnya Renstra SKPD Kecamatan Pangkalan Lesung dapat memberikan gambaran pelaksanaan program dan kegiatan Kecamatan Pangkalan Lesung selama masa lima tahun kedepan.

Demikian Renstra-SKPD ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaiman mestinya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

 

Pangkalan Lesung,

CAMAT PANGKALAN LESUNG

KABUPATEN  PELALAWAN

 

 

 

FIRDAUS WAHIDIN, SP, M.Si

Penata Tingkat I

NIP. 19770129 200502 1 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                DAFTAR ISI

  

KATA PENGANTAR

i

DAFTAR ISI

iii

Bab I

Pendahuluan

1

 

1.1   Latar Belakang

1

 

1.2   Landasan Hukum

3

 

1.3   Maksud dan Tujuan

5

 

1.4   Sistematika Penulisan

6

Bab.II

Gambaran Pelayanan Kecamatan Pangkalan Lesung

7

 

2.1  Tugas Fungsi dan Struktur Organisasi

3

 

2.2  Sumber Daya

8

 

2.3  Tantangan dan Peluang Pengembangan

14

Bab III

Isu-isu Strategis

27

 

3.1    Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan

27

 

3.2  Telaah Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

27

 

3.3   Telaah Renstra Sekretariat Daerah Kabupaten Pelalawan

36

 

3.4   Telaah Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

39

 

3.4    Penentuan Isu-isu Stragis

41

Bab IV

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran Strategis dan Kebijakan

44

 

4.1   Visi dan Misi

44

 

4.2  Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah SKPD

48

 

4.3  Strategi dan Kebijakan

49

Bab V

Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif

51

Bab VI

Indikator Kinerja Kantor Camat Pangkalan Lesung yang Mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD

65

Bab VII

Penutup

66

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1.  

Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Pangkalan Lesung merupakan rencana kerja 5 (lima) tahunan dalam mengembangkan pelayanan kepada masyarakat, bagaimana mencapainya serta langkah-langkah strategis yang akan dilakukan agar tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Penyusunan Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung Tahun 2011-2016 pada dasarnya dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menjalankan amanat yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, serta untuk turut mendukung suksesnya pencapaian sasaran pembangunan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2011-2016.

Renstra berfungsi untuk menjamin kontinutas dan konsistensi program dan kegiatan sekaligus menjaga fokus sasaran yang akan dicapai dalam periode tersebut. Renstra juga menetapkan sasaran-sasaran yang akan dicapai dengan indikator keberhasilan yang dapat diukur dan diverifikasi sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengendalian dan evaluasi program/kegiatan pada tahun – tahun berjalan dalam periode Renstra itu sendiri hingga ke penilaian atau pengukuran dalam jangka waktu satu periode Renstra. Adapun keterkaitan antara Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung dengan dokumen perencanaan lainnya dapat dilihat dari bagan berikut :

 

BAGAN 1.1

HUBUNGAN RENSTRA KECAMATAN PANGKALAN LESUNG DENGAN

DOKUMEN PERENCANAAN LAINNYA

 

Pedoman

Pedoman

Pedoman

Memperhatikan

Input

Pedoman

Acuan

Acuan

Pedoman

Pedoman

Input

Penjabaran

Memperhatikan

 

Kecamatan Pangkalan Lesung adalah wilayah kerja Camat Pangkalan Lesung sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pelalawan dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian kewewenang Bupati Pelalawan untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah di samping menyelenggarakan tugas umum Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Sebagai SKPD, Kecamatan Pangkalan Lesung dalam menyusun perencanaan pelayanan dan pembangunan tentunya harus mengacu kepada peraturan dan perundang-undangan baru sehingga diharapkan memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel serta melibatkan seluruh stake holder. Dalam rangka melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi yang dimiliki Kecamatan Pangkalan Lesung, maka disusunlah Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung Tahun 2011-2016 sebagai satu bagian yang utuh dari manajemen kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

 

 

 

  1. Hukum

Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung disusun berdasarkan beberapa landasan yaitu:

  1. Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kota Batam (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 181, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3902) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2000 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 80, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3968);
  2. Undang-undang Nomor 28 Tahun 2000 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 75; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3851);
  3. Undang-undang 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104; Tambahan Lembaran Negara Republik Inodnesia Nomor 4421);
  4. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437); sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor108; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548);
  5. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 96; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5025);
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578);
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 150; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4585);
  8. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Laporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 25; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4614);
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82);
  10. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89);
  11. Presiden Nomor 32 Tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025;
  12. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  13. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;
  14. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 517);
  15. Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 07 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Pelalawan;
  16. Peraturan Bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012 dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah(Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 484);
  17. Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 6 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2011-2016 (Lembaran Daerah Kabupaten Pelalawan Tahun 2014 Nomor 6, Tambahan Lembaran Daerah Kabupaten Pelalawan  Tahun 2014 Nomor 6).

 

  1. dan Tujuan

Penyusunan Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung ini dimaksudkan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan untuk kurun waktu 5 (lima) tahun. Adapun tujuan dari penyusunan Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung ini adalah :

  1. menetapkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai oleh Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan tahun 2011 – 2016.
  2. menetapkan strategi, kebijakan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka untuk mewujudkan visi Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan.
  3. menampilkan keadaan pembangunan di Kecamatan Pangkalan Lesung pada saat ini dan menggambarkan kecenderungan keadaan pembangunan di Kecamatan Pangkalan Lesung pada masa 5 (lima) tahun yang akan datang.
  4. mensinergikan pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Pangkalan Lesung baik yang dilaksanakan oleh instansi di tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi maupun tingkat Pusat.

 

 

  1. Sistematika Penulisan

Adapun Sistematika Penulisan Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung adalah:

 

BAB I      PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Hukum
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Sistematika Penulisan

 

BAB II       GAMBARAN PELAYANAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG

  1. Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi
  2. Sumber Daya
  3. Kinerja Pelayanan
  4. Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan

 

BAB III : ISU-ISU  STRATEGIS  BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI

3.1  Identifikasi    Permasalahan   Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan

3.2   Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih

3.3   Telaahan Renstra Sekretariat Daerah Kabupaten Pelalawan

3.4   Telaahan Rencana Tata Ruang dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

3.5   Penentuan Isu-isu Strategis

 

BAB IV : VISI,  MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI  DAN KEBIJAKAN

  1. dan Misi Kantor Camat Pangkalan Lesung
  2. Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah
  3. Strategi dan Kebijakan

 

 

BAB V  :  RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF

 

BAB VI :    INDIKATOR KINERJA KANTOR CAMAT PANGKALAN LESUNG YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD

 

BAB VII :   PENUTUP

BAB II

GAMBARAN PELAYANAN

KECAMATAN PANGKALAN LESUNG

 

 

  1. , Fungsi  dan Struktur Organisasi

Kecamatan merupakan  perangkat daerah yang mempunyai wilayah kerja tertentu, dengan pembagian tugas sebagai berikut :

  • Tugas Camat :
    1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
    2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum.
    3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.
    4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan. Fasilitas pelayanan umum.
    5. Mengkoordiasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat Kecamatan.
    6. Membina penyelenggaraan pemerintan Kecamatan.
    7. Melaksanakan pelayanan Masyarakat.

 

 

  • Tugas Sekretaris Kecamatan :
    1. Melaksanakan Urusan Umum.
    2. Melaksanakan penyusunan perencanaan.
    3. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan.
    4. Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian.
    5. Pelaksanaan pembinaan organisasi dan tata laksana.
    6. Penyiapan datan dan informasi, kepustakaan, hubungan masyarakat dan inventaris.
    7. Pelaksanaan koordinasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan kegiatan.
    8. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.

 

  •  
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan pelayanan dan mengkoordinasikan penyusunan rencana dan program kerja kecamatan.
  2. Menyusun rencana operasional dan mengkoordinasikan kegiatan dan program kerja kecamatan.
  3. Melaksanakan Penyusunan Rencana Strategis Kecamatan.
  4. Melaksanakan penyusunan rancangan peraturan perundang – undangan penunjang pelaksanaan tugas.
  5. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
  6. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana dan program kerja sub unit kerja lain di lingkungan kecamatan.
  7. Menyiapkan bahan penyusunan Laporan Akuntabilita Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Laporan Tahunan dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).
  8. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
  9. Melaksanakan pembagian tugas, arahan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan.
  10. Melaksanakan tugas lain dari Sekretaris Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Sub Bagian Keuangan :
  1. Menyusun rincian Kerja Sub Bagian Keuangan berdasarkan program kerja bagian tata usaha.
  2. Menyiapkan bahan pelaksanaan anggaran dalam bentuk Dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dan Dokumen pelaksanaan perubahan anggaran (DPPA) kecamatan sesuai dengan flapon anggaran yang telah alokasikan.
  3. Melaksanakan pengawasan laporan administrasi keuangan Bendahara Pengeluaran.
  4. Menyiapkan Bahan Laporan Realisasi Anggaran Kecamatan.
  5. Menyelenggarakan administrasi pembukuan, pertanggung jawaban dan laporan keuangan.
  6. Menyelenggarakan pembukuan daftar gaji pegawai.
  7. Menyelenggarakan pembayaran gaji Pegawai.
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.
  9. Melaksanakan pembagian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan.
  10. Melaksanakan tugas lain dari Sekcam sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Sub Bagian Kepegawaian :
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan pelayanan administrasi umum dan rumah tangga serta administrasi kepegawaian.
  2. Melaksanakan tertib adminitrasi naskah dinas.
  3. Melaksanakan pengelolaan dokumentasi dan kearsipan pada unit kerja di lingkungan Kecamatan.
  4. Menyiapkan surat tugas perjalanan dinas dan pengendalian adminitrasi perjalanan dinas.
  5. Melaksanakan pelayanan keprotokolan dan penyelenggaraan rapat-rapat.
  6. Melaksanakan pelayanan hubungan masyarakat.
  7. Menyiapkan dan menyusun rencana kebutuhan milik daerah di lingkungan Kecamatan.
  8. Melaksanakan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan inventarisasi barang milik daerah di lingkungan Kecamatan.
  9. Melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan dan ketertiban di lingkungan Kecamatan.
  10. Melaksanakan pemeliharaan danpengelolaan barang milik daerah di lingkungan Kecamatan.
  11. Menyiapkan bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan pelaksanaan tugas Kecamatan.
  12. Mengelola bahan bacaan dan aturan perundang-undangan.
  13. Menyiapkan dan menyusun bahan rencana kebutuhan formasi dan mutasi pegawai.
  14. Menyiapkan bahan adminitrasi kepegawaian yang meliputi daftar hadir,cuti,kenaikan pangkat, gaji berkala, DP-3, DUK, sumpah/janji pegawai Laporan pajak-pajak pribadi ( LP2P ), pensiun, kartu pegawai,karis/krasu, taspen, askes dan pemberian penghargaan serta peningkatan kesejahteraan pegawai.
  15. Menyiapkan bahan usulan pegawai untuk mengikuti pendidikan /pelatihan struktural, teknis, fungsional ujian dinas dan ujian penyesuian ijazah.
  16. Menyiapkan bahan pembinaan umum kepegawaian dan pengembangan karier serta disiplin pegawai.
  17. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas.
  18. Melaksanakan pembagian tugas, arahan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan.
  19. Melaksanakan tugas lain dari Sekretaris Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Kasi Pemerintahan :
    1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan seksi pemerintahan.
    2. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan pemerintahan desa.
    3. Melaksanakan penilaian atas laporan pertanggungjawaban kepala desa.
    4. Memfasilitasi penyelenggaraan kerjasama dan penyelesaian perselisihan antar desa di wilayanya kerjanya.
    5. Memfasilitasi penataan desa.
    6. Memfasilitasi penyusunan Peraturan Desa.
    7. Mengkoordinasikan kegiatan administrasi kependudukan.
    8. Mengkoordinasikan pelaksanaan inventarisasi asset pemerintah kabupaten di tingkat kecamatan.
    9. Melaksanakan pengawasan dan pendataan atas tanah-tanah Negara dari asset pemerintah kebupaten di wilayah kerjanya.
    10. Melaksanakan tugas pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan kepentiangan pembangunan, serta peralihan status tanah dari tanah Negara menjadi milik sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku.
    11. Melaksanakan tugas pembantuan dalam penetapan peruntukan, proses pengalihan dan perubahan status tanah kekayaan desa, serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi kelurahan.
    12. Melaksanakan tugas pembantuan pelaksanaan monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar dan tanah Negara bebas di wilayah kerjanya.
    13. Melaksanakan fisilitasi dan koordinasi pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB).
    14. Membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan.
    15. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier.
    16. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang kesejahteraan sosial.
    17. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
    18. Melaksanakan pembangian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksana tugas bawahan.
    19. Melaksanakan tugas lain dari Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum :
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban.
  2. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, bina kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat.
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan dan penegakan produk hukum pemerintah serta peraturan perundang – undangan lainnya diwilayah kerjanya.
  4. Memfasilitasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam.
  5. Melaksanakan pembinaan dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyaman masyarakat.
  6. Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat dan pencegahan tindak kriminal.
  7. Melaksanakan pembinaan dalam upaya pemberantasan penyakit masyarakat.
  8. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat.
  9. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
  10. Melaksanakan pembangian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksana tugas bawahan.
  11. Melaksanakan tugas lain dari Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Kasi Ekonomi Pembangunan :
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan di Seksi Ekonomi dan Pembangunan.
  2. Memfasilitasi Kegiatan Pemberdayaan masyarakat desa/ kelurahan.
  3. Melaksanakan pembinaan lembaga perkreditan Desa (LPD), perdagangan pasar Desa, Usaha ekonomi desa (UED), dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana di wilayah kecamatan.
  5. Melaksanakan pembinaan di bidang perekonomiandalam rangka meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat.
  6. Melakukan koordinasi dan memfasilitasi pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan desa dan kelurahan.
  7. Menyiapkan bahan untuk pelaksanaan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan.
  8. Mengkoordinasikan penyelenggaraan lomba desa/kelurahan diwilayah kecamatan.
  9. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang perekonomian dan pembangunan.
  10. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
  11. Melaksanakan pembangian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksana tugas bawahan.
  12. Melaksanakan tugas lain dari Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Kasi Pelayanan Umum
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan seksi Pelayanan Umum.
  2. Menyusun program dan menyiapkan bahan koordinasi pembinaan sarana dan prasarana pelayanan umum.
  3. Menyusun program dan menyiapkan bahan koordinasi pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan umum.
  4. Mengelola administrasi pelayanan umum wilayah kecamatan.
  5. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
  6. Melaksanakan pembangian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksana tugas bawahan.
  7. Melaksanakan tugas lain dari Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Tugas Kasi Kesejahteraan Sosial :
  1. Menyusun rencana dan program kerja operasional kegiatan seksi kesejahteraan social.
  2. Melaksanakan pembinaan kerukunan hidup beragama dan antar umat beragama.
  3. Menyelenggarakan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan keagamaan, kepemudaan, olahraga, kebudayaan serta pembinaan keluarga sejahtera.
  4. Mengkoordinasikan pembinaan dan pengawasan kegiatan bidang kesejahteraan social.
  5. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan organisasi social kemasyarakatan, LSM dan keagamaan.
  6. Melakukan koordinasi dalam penyelenggaraan dan pembinaan kesejahteraan social.
  7. Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang kesejahteraan social.
  8. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya.
  9. Melaksanakan pembangian tugas, arahan dan pengawasan terhadap pelaksana tugas bawahan.
  10. Melaksanakan tugas lain dari Camat sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Tugas Kelurahan
  1. Merencanakan operasional Kelurahan dengan berkoordinasi agar tercipta keselarasan tugas;
  2. Membagi tugas kepada bawahan melalui pendistribusian untuk kelancaran tugas;
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan dengan arahan agar terlaksana dengan baik dan benar;
  4. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan dengan pengawasan melekat agar terlaksana sesuai dengan aturan;
  5. Membina bawahan dengan memberikan arahan untuk meningkatkan motivasi kerja;
  6. Mengatur kegiatan Kelurahan meliputi penyiapan perumusan kebijakan teknis dan operasional di Kelurahan, pembinaan administrasi ketatausahaan dan rumah tangga Kelurahan, pembinaan aparatur Kelurahan, pelaksanaan kegiatan pemerintahan Kelurahan, pemberdayaan masyarakat Kelurahan, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, penyelenggaraan pembinaan kesejahteraan sosial di wilayah Kelurahan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum Kelurahan, pembinaan lembaga kemasyarakatan Kelurahan, serta penyelenggaraan koordinasi dengan instansi terkait dengan mengendalikan kegiatan agar terarah sesuai dengan ketentuan;
  7. Mengendalikan kegiatan Sekretariat dan setiap Seksi pada Kelurahan dengan mengkoordinir tugas agar tercipta kesinergisan;
  8. Mengevaluasi kegiatan Kelurahan melalui hasil yang telah dicapai sehingga dapat mengukur pencapaian kinerja;
  9. Melaporkan kegiatan Kelurahan kepada pimpinan dengan menyusun laporan untuk diketahui tingkat kinerja yang telah dilaksanakan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

Dalam perjalanannya Kantor Camat Pangkalan Lesung telah menetapkan fungsi Kantor Camat Pangkalan Lesung sebagai berikut :

  1. Pengorganisasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Pengorganisasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
  3. Pengorganisasian penerapan dan penegakan hukum peraturan perundang-undangan.
  4. Pengorganisasian pemeliharaan sarana dan prasarana;
  5. Pengorganisasian penyelenggaraan kegiatan tata pemerintahan di tingkat kecamatan.
  6. Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan.
  7. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya yang belum dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

 

Struktur bagi suatu organisasi sangat berguna untuk memperjelas dan memahami tugas dan fungsi masing masing bagian dalam suatu organisasi. Dengan struktur, tugas masing masing bagian dalam organisasi menjadi jelas. Struktur yang baik adalah struktur yang beroreintasi kepada visi-misi organisasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja organisasi dan profesionalisme jajaran di dalamnya. Berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan  Nomor 07 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, maka struktur organisasi Kantor Camat Pangkalan Lesung adalah seperti tergambar berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGAN SUSUNAN ORGANISASI

KECAMATAN PANGKALAN LESUNG

KABUPATEN PANGKALAN LESUNG

 

 

Sekretaris Camat

Camat

 

Kasubbag Umum & Kp

 

Kasubbag Keu

 

Kasubbag Program

 

Jabatan Fungsional

 

Kasi

Pem

 

Kasi

Trantib

 

Kasi

Pel Umum

 

Kasi

Kes Sos

 

Kasi

Ekbang

 

Kelurahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


< >Sumber Daya Susunan Organisasi Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pangkalan Lesung berdasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, maka struktur organisasi Kantor Camat Pangkalan Lesung terdiri dari :

 

< >

Sekretariat :

Sub Bagian Penyusunan Program

Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Seksi Tata Pemerintahan

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ekonomi Pembangunan

Seksi Kesejahteraan Sosial

Seksi Pelayanan Umum

Kelompok Jabatan FungsionalSekretariat dan seksi masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Sub Bagian yang bertanggung jawab pada Sekretaris dan Kepala Seksi yang bertanggung jawab terhadap Camat.

 

Secara keseluruhan jumlah perangkat Kecamatan Pangkalan Lesung dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014 sebagaimana pada tabel dibawah ini.

Tabel. 2.1 Jumlah Perangkat Kecamatan

Pangkalan Lesung

No

NAMA

2011

2012

2013

2014

1

2

3

4

 

5

6

7

8

9

 

10

 

12

13

14

15

 

16

Camat

Sekretariat :

Seksi Tata Pemerintahan

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi ekonomi Pembangunan

Seksi Kesejahteraan Sosial

Kasi Pelayanan Umum

Lurah

Sub Bagian Penyusunan Program

Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Kepegawaian dan Umum

Seklur

Staf  PNS dan Sekdes

Staf Pegawai Honor di Kecamatan dan Kelurahan

Satuan Polisi Pamong Praja

1

1

1

 

1

1

1

-

1

-

-

 

-

1

-

8

8

 

3

1

1

1

 

1

1

1

-

1

-

-

 

-

1

-

8

9

 

3

1

1

1

 

1

1

1

1

1

1

-

 

1

1

1

8

9

 

3

1

1

1

 

1

1

1

1

1

1

-

 

1

1

1

8

17

 

4

 

JUMLAH

27

28

31

40

    Sumber Data Juni 2014

 

< >Pegawai menurut Eselon, Pangkat dan GolonganDari keseluruhan pegawai  Kecamatan Pangkalan Lesung yang berstatus Pegawai Negeri Sipil berjumlah 19 orang. Secara lengkap tentang kepegawaian pada organisasi Kecamatan Pangkalan Lesung dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

 

 

 

Tabel 2.2 : Struktur Kepegawaian Kecamatan

Pangkalan Lesung

No.

Eselon

2011

2012

2013

2014

1

Eselon IIA   

-

 

 

 

2

Eselon IIB

-

 

 

 

3

Eselon IIIA

1

1

1

1

4

Eselon IIIB

1

1

1

1

5

Eselon IVA

5

5

6

6

6

Eselon IVB 

1

1

3

3

7

PNS ( Fungsional) / Staf / Honorer

 

19

 

20

 

20

 

29

 

Jumlah                

27

28

31

40

                   Sumber Data Juni 2014

 

< >Pegawai menurut tingkat pendidikanMengenai tingkat pendidikan pegawai Kecamatan Pangkalan Lesung yang berjumlah 19 orang  dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

 

Tabel 2.3 : Personil Kecamatan Pangkalan Lesung

No

Tingkat Pendidikan

2011

2012

2013

2014

1

2

3

4

5

6

S-2

S-1

Diploma

SLTA/Sederajat

SLTP/Sederajat

SD/Sederajat

-

8

2

15

1

1

-

11

2

14

-

1

1

10

2

16

-

1

1

15

2

21

-

1

 

JUMLAH

27

28

30

40

Sumber Data Juni 2014

 

Dengan dukungan 40 orang personil yang ada pada Kecamatan Pangkalan Lesung dan di Kelurahan Pangkalan Lesung maka didapat komposisi Sarjana (S1) 15 orang, Diploma sebanyak 2 orang, SLTA sebanyak 21 orang, merupakan potensi sumber daya manusia yang baik dalam upaya mewujudkan visi dan misi organisasi.

 

 

 

< >Jumlah AsetBerdasarkan data terakhir pendataan aset Kantor Camat Pangkalan Lesung sebagaimana data dibawah ini.

 

 

Tabel.2.4 : Data Aset Kantor Camat Pangkalan Lesung

No

Jenis Barang

Jumlah

2011

2012

2013

2014

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

Kursi Sofa

Kursi Tunggu

GPS

Meja Rapat

Meja Kerja

Kursi Rapat

Filling Cabinet

Laptop

Printer

Mesin Tik Manual

Mesin Tik Listrik

AC

Lemari Arsip

Meja Makan

Tempat Tidur

Audio Visual

Mesin Rumput

Mesin Penghancur Kertas

Komputer

Gorden

Meja Komputer

Kursi Kerja

UPS

Kipas Angin

Pinjer Print

Infocus

2

3

1

1

3

15

3

1

1

1

1

3

3

1

1

 

 

 

 

 

 

2

 

3

 

 

1

4

 

 

1

1

1

3

 

 

27

 

2

 

 

 

 

 

2

2

4

 

4

 

5

 

 

1

2

 

1

2

3

39

2

6

1

 

1

 

 

5

 

2

 

4

 

 

 

7

 

 

 

 

1

4

 

 

4

1

4

 

1

          Sumber Data September 2014

 

 

 

 

 

 


  1. Kinerja Pelayanan

 

Tabel.2.1

PENCAPAIAN KINERJA PELAYANAN

 

No

Indikator Kinerja sesuai Tugas dan Fungsi

Target SPM

Target IKK

Target Indikator Lainnya

Target Renstra Tahun ke-

Realiasasi Capaian Tahun ke-

Rasio Capaian pada Tahun ke- (dalam %)

2006

2007

2008

2009

2010

2011

2012

2013

2006

2007

2008

2009

2010

2011

2012

2013

2006

2007

2008

2009

2010

2011

2012

2013

1

Pembuatan Surat Mandat

 

 

 

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

2

Penerbitan Surat Keterangan

 

 

 

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

 

Rekomendasi IMB

 

 

 

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

3

Penyelesaian Surat Tanah

 

 

 

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

4

Pembuatan KTP

 

 

 

100

100

100

100

-

-

-

-

100

100

100

100

-

-

-

-

100

100

100

100

100

100

100

100

5

Pembuatan KK

 

 

 

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

100

Camat

Berita Terpopuler

PangkalanLesung.id &ndash; Jelang upacara peringatan HUT RI KE
Pangkalanlesung.id - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Video Terpopuler

Download

RENJA 2016 (151 kali download)
RESTRA 2016 (166 kali download)

Banner