Selamat datang di website resmi Kec. Pangkalan Lesung

Dipublikasikan pada :

01 April 2017 | 19:44:18 WIB

Sosial Budaya

Penduduk Kecamatan Pangkalan Lesung yang heterogen berasal dari seluruh wilayah yang ada di Negara Republik Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, budaya, dan adat istiadat yang berbeda telah malahirkan Banyak Organisasi dan seni budaya namun demikian masyarakat Kecamatan Pangkalan Lesung dapat hidup berdampingan dengan Harmonis antara satu sama lainnya. Ini disebabkan antara masing-masing suku dan agama dapat saling menghargai dan menghormati.

 

                 

                   

Paguyuban

Kecamatan Pangkalan Lesung memiliki beragam suku yaitu suku Melayu, batak, Jawa, minang dan Nias. Suku- suku tersebut kemudian membuat Paguyuban yaitu:Ikatan Keluarga Minang, Ikatan Keluarga Ocu, Ikatan Kelurga Batak Tapanuli Selatan, tapi ini Paguyuban ini tidak terdaftar di kecamatan Pangkalan Lesung karena Kepengurusannya bergabung dengan Kecamatan Lain. Paguyuban yang terdaftar di Kecamatan Pangkalan Lesung adalah:

  1. Paguyuban Mitro Manunggal
  2. Ikatan Keluarga Nias

 

Kesenian 

Kesenian Masyarakat Pangkalan Lesung ada beberapa Jenis berdasarkan Keberagaman Suku Bangsa yang terdiri dari Melayu, Jawa, Batak,Minang dll. Dalam Acara Adat Nikah Kawin Suku Melayu Selalu Menampilkan Silat Pangian serta Nyanyian Panjang.

Nyanyian Panjang yaitu cerita pada Zaman dahulu yang diceritakan dengan cara bernyanyi dan sekarang sudah dibukukan oleh sastrawan Riau Alm H.Tenas Efendi dan Satrawan yang lainnya yang berasal dari pelalawan.

                   

Camat

Berita Terpopuler

PangkalanLesung.id – Jelang upacara peringatan HUT RI KE
Pangkalanlesung.id - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Video Terpopuler

Download

RENJA 2016 (126 kali download)
RESTRA 2016 (137 kali download)

Banner