Selamat datang di website resmi Kec. Pangkalan Lesung

Dipublikasikan pada :

01 April 2017 | 19:46:24 WIB

Pegawai yang bertugas di Kecamatan Pangkalan Lesung  terdiri dari jabatan struktural dan fungsional, yang menjabat jabatan struktural Berjumlah 11 orang yaitu terdiri dari Camat, Sekretaris camat, Kasi Pelayanan Umum, Kasi Pemerintahan, Kasi Ekonomi Pembangunan, Kasi Ketentraman dan Ketertiban dan Kasi Kesejahteraan Sosial, Kasubbag Program, Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Lurah dan Sekretaris Lurah. Jabatan fungsional terdiri dari : Pejabat Data Statistik, Petugas Kesehatan, Pendidik (guru), Pejabat dari Kementrian Urusan Agama (KUA), Polisi, Tentara, dan Tenaga Fungsional Umum lainnya.

Adapun tenaga fungsional umum yang bertugas di kantor camat Kecamatan Pangkalan Lesung dan dalam lingkungan Kecamatan adalah: Bendahara, Pembantu bendahara, Operator Komputer Keuangan, Penyimpan Barang, Sekretaris Desa, Pengadministrasi Pemerintahan, Pengadministrasi Kesejahteraan Sosial, Pengadministrasi Ekonomi Pembangunan, Pengadministrasi Pelayanan Umum, Tenaga Kebersihan, dan Tenaga Fungsional Umum lain yang ditugaskan oleh Dinas Catatan Sipil yaitu Operator E-KTP sebanyak 5 (lima) orang.

Camat Kecamatan Pangkalan Lesung dalam melaksanakan Tugasnya dibantu oleh beberapa UPT yaitu Kapolsek, Koramil, UPTD Pendidikan, UPTD Pertanian, Koordinator Badan Penyuluh Pertanian Paternakan Perikanan dan Kehutanan (BP3K), UPTD Kesehatan, UPT Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (BP3AKB), UPTD Peternakan, seluruh Kepala Desa / Lurah dll.

Secara keseluruhan pegawai yang termasuk dalam anggaran instansi Kecamatan Pangkalan Lesung berjumlah 36 orang yaitu terdiri dari 19 orang PNS dan 17 orang Pegawai Honorer, wilayah kerjanya meliputi; Kantor Camat Pangkalan Lesung 23 orang, Kantor Lurah 10 orang dan Sekdes 3 orang.

Berikut Jumlah Pegawai menurut Eselon

                                 

 

Tugas Pokok dan Fungsi
Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan pengelolaan penyusunan perencanaan dan program, urusan keuangan, kepegawaian, umum dan mengkoordinasikan secara teknis dan administratif pelaksanaan kegiatan kecamatan serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat.
A.    Tugas Pokok dan Fungsi Camat sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2004 dan PP Nomor 41 Tahun 2007 adalah sebagai berikut :

Tugas Pokok Camat:
a.    Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
b.    Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum
c.    Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan
d.    Mengkoordinasikan pemeiharaan prasarana dan. Fasilitas pelayanan umum 
e.    Mengkoordiasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintah di tingkat kecamatan  
f.    Membina penyelenggaraan pemerintahan Desa/Kelurahan 
g.    Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya atau yang belum dapat dilaksanakanpemerintahan desa/kelurahan

Fungsi Camat:
a.    Melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan Bupati/Walikota
b.    Mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di wilayahnya 
c.    Memberikan pelayanan kepada masyarakat

Tugas Sekretaris Camat :
a.    Memberikan saran dan pendapat kepada Camat
b.    Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan serta mengawasi semua unsur/kegiatan Sekretariat Kecamatan
c.    Merumuskan program kegiatan Camat
d.    Mengendalikan urusan surat menyurat, kearsipan dan pelaporan 
e.    Mengkoordinasikan dan melaksanakan persiapan rapat dan mencatat hasil-hasilnya
f.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan camat sesuai dengan tugas dan fungsinya

Fungsi Sekretaris Kecamatan :
a.    Penyelenggaraan pengelolaan administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan administrasi  kepegawaian
b.    Penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat 
c.    Penyelenggaraan ketatalaksanaan , kearsipan dan perpustakaan
d.    Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja, danPelaksanaan tugas lain yang diberikan camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas Sub Bagian Program :
a.    Mengumpulkan dan mengolah data untuk penyusunan program dan kegiatan kecamatan
b.    Mengkimpilasi dan mendokumentasikan hasil perencanaan unit kerja dilingkungan kecamatan
c.    Melaksanakan penyiapan konsep laporan dan laporan pertanggungjawaban kecamatan
d.    Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian program 
e.    Membantu seksi Pemerintahan dalam membuat laporan kependudukan 
f.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi  Sub Bagian  Program :
a.    Penyusunan perencanaan program 
b.    Menyiapkan bahan penyusunan program dan kegiatan 
c.    Menyiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan penyusunan program kegiatan 
d.    Penyelenggaraan penyusunan program dan kegiatan.
e.    Tugas Sub Bagian Keuangan :
f.    Melaksanakan kegiatan pengelolaan administrasi keunagan kecamatan
g.    Melaksanakan kegiatan perbendaharaan keuangan kecamatan 
h.    Melaksanakan kegiatan pembukuan keuangan kecamatan 
i.    Melaksanakan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan
j.    Melaksanakan penyusunan daftar gaji
k.    Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegaitan sub bagian keuangan, dan
l.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Tugas Sub Bagian Keuangan :
a.    Melaksanakan kegiatan pengelolaan administrasi keunagan kecamatan
b.    Melaksanakan kegiatan perbendaharaan keuangan kecamatan 
c.    Melaksanakan kegiatan pembukuan keuangan kecamatan 
d.    Melaksanakan penyiapan bahan pertanggungjawaban keuangan
e.    Melaksanakan penyusunan daftar gaji
f.    Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegaitan sub bagian keuangan, dan
g.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas sub Bagian Umum dan Kepegawaian
a.    Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian
b.    Melaksanakan penyiapan bahan pengelolaan administrasi perlengkapan dan perbekalan
c.    Melaksanakan pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan pemeliharaan data dan kartu kepegawaian di lingkungan kecamatan 
d.    Melaksanakan penyiapan bahan kenaikan pangkat, DP3, DUK, sumpah/Janji Pegawai, gaji berkala, dan peningkatan kesejahteraan pegawai
e.    Melaksanakan penyiapan dan pengusulan pegawai yang akan pensiun, peninjauan masa kerja serta pemberian penghargaan
f.    Menyiapkan bahan pegawai untuk mengikuti pelatihan/pendidikan kepemimpinan teknis dan fungsional
g.    Menyiapkan bahan pembinaan pegawai 
h.    Melaksanakan evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian umum dan kpegawaian, dan
i.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian :
a.    Penyusunan bahan pembinaan disiplin dan peningkatan kesejahteraan pegawai
b.    Penyelenggaraan urusan umum dan pengelolaan administrasi kepegawaian

Tugas Kasi Pemerintahan :
a.    Menyusun rencana kerja seksi pemerintahan
b.    Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan pemerintahan desa/kelurahan
c.    Memfasilitasi penyelenggaraan kerjasama dan penyelesaian perselisihan antar desa/kelurahan di kecamatan
d.    Melaksnakan penilaian dan pelaporan pertanggungjawaban kepala desa 
e.    Memfasilitasi penataan desa/kelurahan
f.    Melakukan inventarisasi SK kepala desa dan pengangkatannya, daftar nonaktif desa, daftar kependuukan dan monografi kecamatan 
g.    Mensosialisasikan perda/hukum yang berlaku
h.    Memfasilitasi penyusunan peraturan desa
i.    Membantu penyelenggaraan pelaksanaan pemilihan umum, Pilkada Gubernur  dan Bupati 
j.    Mengkoordinasikan keguiatan administrasi kependudukan, pelayanan KTP, dan KK kepada masyarakat 
k.    Membuat laporan kependudukan 
l.    Mengkoordinasikan pelaksanaan inventarisasi aset pemerintahan kabupaten di tingkat kecamatan 
m.    Melaksanakan pengawasan dan pendataan atas tanah negara dari tanah aset pemerintah Kabupaten di kecamatan 
n.    Melaksanakan tugas pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan kepentingan pembangunan, serta peralihan status tanah dari tanah negara menjadi milik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku 
o.    Melaksanakan tugas pembantuan dalam penetapan peruntukan proses pengalihan dan perubahan status tanah kekayaan desa, serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi kelurhan
p.    Melaksanakan tugas pembantuan pelaksanaan monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar dan tanah negara bebas di kecamatan
q.    Melaksanakan fasilitasi, penertiban administrasi dan koordinasi pemungutan pajak bumi dan bangunan ( PBB )
r.    Membina dan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada baweahan 
s.    Melakukan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan seksi pemerintahan
t.    Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbnagan dalam pengembangan karir 
u.    Mengkoordinir penyusunan Laporan harian camat dan Laporan Kependudukan setiap bulannya 
v.    Melaksanakan  tugas yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi  Kasi Pemerintahan :
a.    Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis seksi pemerintahan
b.    Penyusunan program dan kegiatan seksi pemerintahan 
c.    Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang pemerintahan, dan
d.    Penyelenggaraan kegiatan bidang pemerintahan.

Tugas Kasi Ketentraman dan Ketertiban  :
a.    Menyusun rencana kerja seksi ketentraman dan ketertiban umum 
b.    Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, bina kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat 
c.    Mengkoordinasikan pelaksanaan dan penegakan produk hukum pemerintah kabupaten serta peraturan perundang-undangan lainnya di wilayah kerjanya 
d.    Memfasilitasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam 
e.    Melaksanakan pembinaan dalam upaya pemberantasan penyakit masyarakat 
f.    Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarkat dalam pencegahan tindakan kriminal 
g.    Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, dan 
h.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Fungsi  Kasi Ketentraman dan Ketertiban :
a.    Penyusun bahan poerumusan kebijakan teknis bidang ketentraman dan ketertiban umum
b.    Penyusunan program dan keguiatan seksi ketentraman dan ketertiban 
c.    Penyiapan bahan pembinaan , koordinasi dan fasilitas pelaksanaan kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban umum
d.    Penyelenggaraan kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban umum 

Tugas Kasi Ekonomi dan Pembangunan  :
a.    Menyusun rencana kerja seksi perekonomian dan pembangunan 
b.    Memfasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan 
c.    Melaksanakan pembinaan perdagangan pasar Desa / Kelurahan, usaha ekonomi Desa dan pemberdayaan masyarakat 
d.    Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana di wilayah kecamatan 
e.    Melaksanakan pembinaan di bidang perekonomian dalam rangka meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat
f.    Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan Desa/Kelurahan 
g.    Menyiapkan bahan untuk pelaksanaan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan 
h.    Mengkoordinasikan penyelenggaraan lomba Desa / Kelurahan di wilayah kerjanya 
i.    Melaksanakan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang perekonomian dan pembangunan, dan
j.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas Kasi Kesejahteraan Sosial :
a.    Menyusun rencana kerja seksi sosial dan kemasyarakatan ;
b.    Melaksanakan pembinaan kerukunan hidup beragama dan antar umat beragama 
c.    Menyelenggarakan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan keagamaan, kepemudaan, olahraga, kebudayaan serta pembinaan kesejahteraan keluarga 
d.    Mengkoordinasikan pembinaan dan pengawasan kegiatan bidang sosial kemasyarakatan 
e.    Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan, LSM dan keagamaan 
f.    Melakukan koordinasi dalam penyelengaraan dan poembinaan kesejahteraan sosial 
g.    Melakukan pengawasan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang sosial dan kemasyarakatan, dan 
h.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi Kasi Kesejahteraan Sosial 
a.    Penyusun bahan perumusan kebijakan teknis bidang sosial dan kemasyarakatan
b.    Penyusun program dan kegiatan seksi sosial dan kemasyarakatan 
c.    Menyiapkan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang sosial dan kemasyarakatan, dan 
d.    Penyelenggaraan kegiatan bidang sosial dan kemasyarkatan 

Tugas Kasi Pelayanan Umum :
a.    Melaksanakan  penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat
b.    Melaksanakan pengelolaan kearsipan Kecamatan 
c.    Melaksanakan urusan keprotokolan dan penyiapan rapat-rapat dinas 
d.    Melaksanakan urusan rumah tangga kecamatan, menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan di lingkungan kantor Kecamatan 
e.    Melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana kantor, kendaraan dinas dan perlengkapan kantor serta aset 
f.    Mengkoordinasikan kegiatan perizinan, SITU/HO dan IMB di Kecamatan 
g.    Mengkoordinir pelaksanaan legalisasi, rekomendasi dan izin hiburan, dan
h.    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi Kasi Pelayanan Umum :
a.    Melaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan Kecamatan
b.    Pengelolaan kearsipan Kecamatan

 

STRUKTUR ORGANISASI
Struktur bagi suatu organisasi sangat berguna untuk memperjelas dan memahami tugas dan fungsi masing masing bagian dalam suatu organisasi. Dengan struktur, tugas masing masing bagian dalam organisasi menjadi jelas. Struktur yang baik adalah struktur yang beroreintasi kepada visi-misi organisasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja organisasi dan profesionalisme jajaran di dalamnya. Mengenai struktur organisasi kecamatan secara jelas digambarkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 08 Tahun 2008 seperti gambar Bagan dibawah ini.

 

                                        

 


SUSUNAN KEPEGAWAIAN
 

Komposisi Pegawai
Susunan Organisasi Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan berdasarkan pada Peraturan Dearah Kabupaten Pelalawan Nomor 08 Tahun 2008  Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan Pangkalan Lesung terdiri dari : 
    Camat
    Sekretaris
    Sub Bagian Program
    Sub Bagian Keuangan
    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    Seksi Pemerintahan
    Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
    Seksi Ekonomi dan Pembangunan
    Seksi Kesejahteraan Sosial
    Seksi Pelayanan Umum
    Kelompok Jabatan Fungsional

Sekretariat dan seksi masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Sub Bagian yang bertanggung jawab pada Sekretaris dan Kepala Seksi yang bertanggung jawab kepada Camat.
Kondisi yang diinginkan dan proyeksi kedepan ialah Adanya dinamika perubahan yang kompleks, waktu yang bergulir demikian cepat karena lingkungan yang selalu berubah dalam hal ilmu pengetahuan, politik, ekonomi, sosial dan budaya mengharuskan kesiapan setiap lembaga  dan aparatur pemerintahan serta masyarakat. Agar tujuan kebijakan-kebijakan daerah dapat dicapai, diperlukan kemampuan atau kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan dinamika masyarakat.

Kemampuan atau kapasitas adalah : kemampuan seorang individu, sebuah organisasi atau sebuah sistem untuk melaksanakan fungsi-fungsi dan mencapai tujuan-tujuan secara efektif dan efisien. Hal ini harus didasari pada suatu tinjauan yang terus-menerus terhadap kondisi-kondisi kerangka kerja, dan pada penyesuaian dinamis dari fungsi-fungsi dan tujuan. Kapasitas harus dilihat sebagai kemampuan untuk mencapai kinerja, untuk menghasilkan keluaran (output) dan hasil (outcome). 

Kondisi yang diharapkan adalah Kecamatan memiliki kemampuan atau kapasitas dalam melayani tuntutan masyarakat dalam hal perencanaan sesuai dengan kebutuhan,dinamika dan kemajuan masyarakat, sehinga tujuan dan sasaran  pembangunan daerah sebagai bagian dari pembangunan nasional dapat dicapai. Berdasarkan hal tersebut peluang Kecamatan sebagai lembaga untuk menjadi motifator pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat. Kemampuan/kapasitas tersebuttergantung pada sarana dan prasarana pendukung lain, antara lain gedung kantor yang representatif dan peralatan teknologi komputer  baik yang di gunakan untuk penunjang aktivitas maupun untuk pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dan pemanfaatan Internet, kedepan jaringan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pejabat struktural, fungsional dan staf dalam lingkungan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan  dan masyarakat untuk mengakses informasi dari pangkalan data Bappeda Kabupaten Pelalawan melalui komputer di ruangan masing-masing baik untuk mencari informasi maupun menyebarluaskan informasi yang dimilikinya.

Untuk mencapai kondisi yang diharapkan, maka perlu disepakati nilai-nilai keberhasilan, kesepakatan nilai-nilai dan maksud yang ditempuh melalui pembenaran dari setiap pegawai yang ada di Kecamatan Pangkalan Lesung, maka terdapat beberapanilai yang perlu di patuhi untuk dijalankan, yaitu :
    Bekerja dalam kebersamaan jauh lebih baik dari pada bekerja sendiri-sendiri.
    Berprilaku secara organisasi lebih indah dari pada perseorangan
    Kematangan dalam mengatasi permasalahan maupun tantangan dikerjakan bersama.
    Saling menghormati serta menghargai sesama pegawai dan masyarakat
    Menjalankan tugas dengan jujur dan ikhlas
    Rasa memiliki yang ditanamkan dalam hati sanubari
    Mengenali harapan masyarakat terhadap apa yang diperbuat Pegawai
    Menjaga dan melanjutkan tradisi Inovasi dalam membangun suatu perubahan
    Memiliki keyakinan serta memiliki ketahanan dalam menguasai perubahan.
    Kesedian untuk selalu memberikan bantuan secara iklas.
    Kondisi yang Diinginkan dan Proyeksi Kedepan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan di perkuat lagi dengan Peraturan Bupati Pelalawan Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pembinaan dan Penegakan Disiplin bagi Pegawai Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Hal ini sebagi upaya memberikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat, reformasi birokrasi merupakan suatu keharusan mengingat tantangan kedepan semakin komplek. Tujuan dari pada reformasi birokrasi adalah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.
Dalam rangka meningkatkan kinerja Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan perlu dilakukan pembinaan dan penegakan disiplin di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan, adapun Pembinaan dan penegakan disiplin terhadap pegawai dimaksud antar lain dilakukan dengan :
    Mematuhi ketentuan jam kerja.
    Mengikuti pelaksanaan Apel Pagi dan Sore setiap hari Senin, Selasa dan Rabu, kecuali ditentukan 
    Mengikuti senam bersama pada hari kamis pagi.
    Mengikuti pelaksanaan Upacara Hari-hari Besar Nasional dan Hari Kesadaraan Nasional.
    Mengikuti upacara lain yang ditentukan oleh Pemerintah kabupaten Pelalawan.
    Mengikuti pelaksanaan pengajian bulanan bagi yang beragama islam yang ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan.
    Menghadiri undangan peringatan hari besar keagamaan.
 

Camat

Berita Terpopuler

PangkalanLesung.id – Jelang upacara peringatan HUT RI KE
Pangkalanlesung.id - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Video Terpopuler

Download

RENJA 2016 (126 kali download)
RESTRA 2016 (137 kali download)

Banner