Selamat datang di website resmi Kec. Pangkalan Lesung

Dipublikasikan pada :

28 Agustus 2017 | 11:46:55 WIB

Kata Pengantar

 

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, karena telah terselesaikannya proses Penyusunan Rencana Kerja (Renja) PerubahanKecamatanPangkalanLesung Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2016. Penyusunan RenjaPerubahanKecamatanPangkalanLesungKabupatenPelalawanTahunAnggaran 2016ini sebagai pedoman dalam rangka menyusun program dan kegiatan yang akan dikerjakan, serta target kinerja yang hendak dicapai dalam Tahun 2016, dimanaRenjaPerubahanKecamatanPangkalanLesungKabupatenPelalawanTahunAnggaran2016berisikan program dan kegiatan prioritas yang akan dikerjakan, serta tujuan dan sasaran yang ingin dicapai pada Tahun 2016.

Disadari sepenuhnya bahwa penyusunan RenjaPerubahanKecamatanPangkalanLesungKabupatenPelalawanTahunAnggaran2016belum sempurna, untuk itu di harapkan kritik dan sarannya, agar penyusunan RenjaPerubahanKecamatanPangkalanLesungKabupatenPelalawanTahunAnggaran2016ini dimasa mendatang akan lebih sempurna, dan pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah membantu penyelesaian RenjaPerubahanini.

Semoga Allah, SWT akan selalu meridhoi segala upaya kita dalam mengabdi bagi kepentingan masyarakat, mensejahterakan sekaligus melayani kepentingan masyarakat KecamatanPangkalanLesungKabupaten Pelalawan.

 

PangkalanLesung, Juni2016

 

CAMAT PANGKALAN LESUNG

 

FIRDAUS WAHIDIN, SP, M.Si

Pembina

NIP. 19770129 200502 1 003

 

Daftar Isi

 

Kata Pengantar

I

Daftar isi

II

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.

LatarBelakang........................................................................................................................................

I.1

1.2.

Landasan Hukum ................................................................................................................................

I.2

1.3

Maksud dan Tujuan ............................................................................................................................

I.4

1.4

Sistematika Penulisan.........................................................................................................................

I.4

 

BAB II.

 

EVALUASI PELAKSANAAN RENJA SKPD TAHUN LALU

 

 

2.1

EvaluasiPelaksanaanRenja SKPD Tahun2015danCapaianRenstra SKPD............

II.1

 

2.2

AnalisisKinerjaPelayanan SKPD................................................................................................

II.23

 

2.3

Isu-IsuPentingPenyelenggaraanTugasdanFungsi SKPD..............................................

II.37

 

2.4

PenelaahanUsulan Program danKegiatanMasyarakat....................................................

II.37

 

BAB III

 

TUJUAN,SASARAN, PROGRAMDAN KEGIATAN

 

 

3.1

TelaahanterhadapkebijakanNasional.....................................................................................

III.1

 

3.2

TujuandanSasaranRenja SKPD..................................................................................................

III.2

 

3.3.

Program danKegiatan……………………………………………………………………………………..

III.3

 

BAB IV

 

PENUTUP

IV.1

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1.  

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional merupakan satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat pusat dan daerah yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). Didalamnya diamanatkan bahwa setiap daerah harus menyusun rencana pembangunan daerah secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan, dengan jenjang perencanaanya itu perencanaan jangka panjang, perencanaan jangka menengah maupun perencanaan tahunan. Selanjutnya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan produk perencanaan pembangunan yang mencakup Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) serta Rencana Kerja (Renja) SKPD.

Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanaka nlangsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat. Sebagai dokumen rencana tahunan SKPD, Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan mempunyai arti yang strategis dalam mendukung penyelenggaraan program pembangunan tahunan Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengingat beberapa hal sebagai berikut :

  1. Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan merupakan dokumen yang secara substansial penerjemahan dari visi, misi, tujuan, sasaran, program dan kegiatan yang ditetapkan dalam Renstra Instansi sesuai arahan operasional dalam RKPD;
  2. Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan merupakana cuan Bappeda untuk memasukan program kegiatan kedalam dokumen perencanaan program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) tahun 2016;
  3. Renja PerubahanSKPD merupakan salah satu instrument untuk evaluasi pelaksanaan program/kegiatan untuk mengetahui sejauh mana capaian kinerja yang tercatum dalam Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan sebagai wujud dari kinerja Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan pada tahun 2016 yang merupakan pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2011-2016.

Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan sebagai SKPD pada Tahun 2016 ini menyusun Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016. Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016, akan dijadikan sebagai pedoman dan rujukan dalam menyusun program dan kegiatan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 yang telah ditetapkan prioritas pembangunan daerah, yang mengarah pada pencapaian sasaran-sasaran pembangunan yang dalam penyusunannya juga memperhatikan program dan kebijakan dari Pemerintah Pusat yang dilaksanakan di daerah.

 

  1. Landasan Hukum

Dasar hukum penyusunan Renja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 adalah :

  1. Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Batam (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 181, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3902) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2000 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000 Nomor 80, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3968);
  2. Undang–Undang Nomor 25 tahun 2004, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421);
  3. Undang–Undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437)sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);
  4. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuanganantara PemerintahPusatdan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126,TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438);
  5. PeraturanPemerintahNomor 108 Tahun 2000 tentang Tata Cara PertanggungjawabanKepala Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2000Nomor209,TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4027);
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578);
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);
  8. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4741);
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 21, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4817);
  10. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah;
  11. Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.14-228 Tahun 2011 tentang pengesahan pemberhentian dan pengesahan pengangkatan Bupati Pelalawan;
  12. Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 132.14-229 Tahun 2011 tentang pengesahan pemberhentian dan pengesahan pengangkatan WakilBupati Pelalawan;
  13. Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2011-2016;
  14. Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan tahun 2011-2016.

 

  1. Maksud dan Tujuan

Maksud dari penyusunan Rencana Kerja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 adalah menetapkan dokumen perencanaan yang memuat program dan kegiatan pembangunan daerah yang menjadi tolok ukur penilaian kinerja Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selama Tahun 2016.

Berdasarkan hal tersebut, maka Rencana Kerja Perubahan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 disusun dengan tujuan :

  1. Acuan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dalam mengoperasionalkan RKPD Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mencapai visi dan misi Pemerintah Kabupaten.
  2. Merumuskan program dan kegiatan pembangunan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan selama Tahun 2016.

 

  1. Sistematika Penulisan Renja

Sistematika penulisan Rencana Kerja Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2016 ini mengacu pada Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 yaitu sebagai berikut :

BAB I.       PENDAHULUAN

  • bagian ini menjelaskan mengenai gambaran umum penyusunan rancangan Renja SKPD agar substansi pada bab-bab berikutnya dapa tdipahami dengan baik. Berisi latar belakang penyusunan Renja, landasan hukum penyusunan Renja, maksud dan tujuan penyusunan Renja dan sistematika penulisan Renja.

BAB II.EVALUASI PELAKSANAAN RENJA KECAMATAN PANGKALAN LESUNG TAHUN LALU

Berisi evaluasi pelaksanaan tahun lalu dan capaian renstra Kecamatan Pangkalan Lesung, analisis kinerja pelayanan Kecamatan Pangkalan Lesung, Isu-isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Kecamatan Pangkalan Lesung, review terhadap rancangan awal RKPD, dan penelaahan usulan program dan kegiatanmasyarakat.

BAB III.     TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

Berisi telaahan terhadap kebijakan nasional, tujuan dan sasaran renja Kecamatan Pangkalan Lesung, serta program dankegiatan.

BAB IV.     PENUTUP

 

BAB II

EVALUASI PELAKSANAAN RENJA

KECAMATAN PANGKALAN LESUNGTAHUN 2015

 

 

2.1. Evaluasi Pelaksanaan RenjaKecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2015dan Capaian Renstra Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan

Adapun rincian rencana kegiatan per program Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Tahun 2015 sebagaimana berikut :

 

  1. PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dengan target kinerja adalah tersedianya materai untuk kelengkapan dokumen administrasi, terpenuhinya kebutuhan beban listrik dan komunikasi, lengkapnya surat perinzinan kendaraan dinas/operasional sebanyak 7 unit, terlaksananya kegiatan kebersihan kantor dalam setahun dengan jumlah tenaga kebersihan kantor sebanyak 12 (dua belas) orang serta kebutuhan peralatan kebersihan dan bahan pembersih selama setahun, cakupan kebutuhan alat tulis kantor dalam setahun, terpenuhinya kebutuhan cetakan dalam setahun, tersedianya komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor untuk kebutuhan selama setahun, cakupan pemenuhan kebutuhan peralatan dan perlengkapan penunjang operasional kantor, tersedianya bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan dengan keperluan majalah/koran, tersedianya makanan dan minuman, terlaksana rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah selama setahun, tersedianya tenaga pendukung kelancaran administrasi/teknis sebanyak 12 (dua belas) orang.Adapun kegiatan pada program pelayanan administrasi perkantoran terdapat 12 (dua belas) kegiatan sebagai berikut :

  1. Penyediaan Jasa Surat Menyurat.

Kegiatan Penyediaan Jasa Surat  Menyurat dengan target kinerja adalah tersedianya materai untuk kelengkapan dokumen administrasi perkantoran dalam setahun.

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air, dan Listrik.

Kegiatan Penyediaan Jasa Telekomunikasi, Sumber Daya Air, dan Listrik dengan target kinerja adalah terpenuhinya kebutuhan beban listrik, dan langganan WiFi.

 

 

  1. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional

Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/Operasional dengan target kinerja adalah lengkapnya surat perinzinan kendaraan dinas/operasional sebanyak 7 unit.

  1. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor.

Kegiatan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor dengan target kinerja adalah terlaksananya kegiatan kebersihan kantor dalam setahun dengan jumlah tenaga kebersihan kantor sebanyak 12 (dua belas) orang terdiri dari 7 (tujuh) Kantor Camat dan 5 (lima) Kantor Lurah serta kebutuhan peralatan kebersihan dan bahan pembersih selama setahun.

  1. Penyediaan Alat Tulis Kantor.

Kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantor dengan target kinerja adalah cakupan kebutuhan alat tulis kantor dalam setahun.

  1. Penyediaan Bahan Cetakan dan Penggandaan.

Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan dengan target kinerja adalah terpenuhinya kebutuhan cetakan dan penggandaan dalam setahun.

  1. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor.

Kegiatan Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor dengan target kinerja adalah tersedianya komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantoruntuk kebutuhan selama setahun.

  1. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor.

Kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor dengan taget kinerja adalah cakupan pemenuhan kebutuhan peralatan dan perlengkapan penunjang operasional kantor

  1. Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan.

Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangandengan target kinerja adalah tersedianya Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan dengan keperluan majalah/koran

  1. Kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman.

Kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman dengan  target kinerja adalah tersedianya Makanan dan Minuman untuk kebutuhan dan kelancaran tugas-tugas rapat-rapat dan menyambut tamu selama setahun

 

 

  1. Kegiatan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Ke Luar Daerah.

Kegiatan Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerahdengan target kinerja adalah terlaksana rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah selama setahun

  1. Kegiatan Penyediaan jasa tenaga pendukung Administrasi/teknis perkantoran.

Kegiatan Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi/Teknis Perkantorandengan target kinerja adalah tersedianya tenaga pendukung kelancaran administrasi/teknis sebanyak 12 (dua belas) orang

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA APARATUR

 

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur dengan target kinerja adalah tersedianya perlengkapan gedung kantor, peralatan gedung kantor, terpeliharanya rumah dinas dan kantor, terpeliharanya kendaraan dinas/ operasional dan terpeliharanya peralatan gedung kantor. Adapun kegiatan pada program peningkatan sarana dan prasarana aparatur terdapat 6 (enam) kegiatan sebagai berikut:

  1. Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor

Kegiatan Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor dengan target kinerja adalah tersedianyaPerlengkapan Gedung Kantor.

  1. Pemeliharaan Rutin/berkala Rumah Dinas

Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Rumah Dinasdengan  target kinerja adalah terpeliharanya rumah jabatan/dinas 1 (satu) unit.

  1. Pemeliharaan Rutin/berkala Gedung Kantor

Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung Kantor dengan target kinerja adalah terpelihara gedung kantor aman nyaman dan sehat.

  1. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional

Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/ Operasionaldengan target kinerja adalah terpeliharanya Kendaraan Dinas/operasional sebanyak 7 (tujuh) unit.

  1. Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan Gedung Kantor

Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan gedung Kantor dengan target kinerja adalah cakupan pemeliharaan peralatan gedung kantor.

 

  1. ROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA APARATUR

Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dengan target kinerja adalah terlaksana bimbingan teknis implementasi peraturan perundang-undangan, peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur. Adapun kegiatan pada program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur terdapat 2 (dua) kegiatan sebagai berikut:

 

  1. Pendidikan dan Pelatihan Formal

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Formal dengan target kinerja terlaksananya bimbingan teknis Pendidikan dan Pelatihan Formal.

 

  1. Penyelenggaraan Senam Sehat Kamis

Kegiatan Penyelenggaraan Senam Sehat Kamis mempunyai target kinerja sumber daya aparatur yang sehat.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN PENGEMBANGAN SISTEM PELAPORAN CAPAIAN KINERJA DAN KEUANGAN

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan dengan target kinerja adalah tersedianya dokumen laporan capaian dan keuangan SKPD berupa dokumen laporan keuangan, laporan akuntabilitas kinerja pemeritah, laporan tahunan dan dokumen Rencana Strategis dan Rencana Kerja Kecamatan. Adapun kegiatan pada program peningkatan pengembangan sistim pelaporan capaian kinerja dan keuangan terdapat 2 (dua) kegiatan sebagai berikut:

 

  1. Kegiatan Penyusunan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

Kegiatan Penyusunan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD dengan target kinerja adalah tersedianya dokumen laporan kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD.

  1. Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

Target kinerja penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun adalah tersedianya dokumen Laporan Keuangan SKPD.

  1. Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Kerja

Kegiatan Penyusunan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Dengan Target Kinerja adalah tersedianya dokumen Renana Strategis dan Rencana Kerja SKPD.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN PROMOSI DAN KERJASAMA INVESTASI

Program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi dengan target kinerja adalah terlaksananya kegiatan Pelalawan Expo dan promosi Kecamatan Pangkalan Lesung. Adapun kegiatan pada program ini terdapat 1 (satu) kegiatan sebagai berikut:

 

  1. Pelalawan Expo.

Kegiatan Pelalawan Expo dengan target kinerja telaksananya kegiatan Pelalawan Expo dan Promosi Komoditi Kecamatan Pangkalan Lesung.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT DESA/KECAMATAN

Program Peningkatan Pelayanan Masyarakat Desa/Kecamatan dengantarget kinerja adalah terlaksananya acara/ kegiatan di Kecamatan, Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa/ Kecamatan, Kegiatan Pelalawan Sehat, TP PKK Kecamatan dan Masyarakat Pembangunan Kecamatan. Adapun kegiatan pada program Peningkatan Pelayanan Masyarakat Desa/ Kecamatan terdapat  5 (lima) kegiatan sebagai berikut:

 

  1. Penunjang Acara/ Kegiatan di Kecamatan

Kegiatan Acara/Kegiatan di Kecamatan mempunyai target kinerja terlaksananya acara/ kegiatan di Kecamatan.

  1. Tunjangan Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa/ Kecamatan

Target Kegiatan Pembinaan aparatur Pemerintah Desa/ Kecamatan adalah tersedianya tunjangan aparatur Pemerintahan Desa/ Kecamatan.

  1. Penunjang Program Pelalawan Sehat

Target kinerja kegiatan Pelalawan Sehat adalah terlasananya program Pelalawan Sehat.

  1. Penunjang TP PKK Kecamatan

Kegiatan TP PKK Kecamatan Mempunyai terget kinerja lancarnya kegiatan PKK Kecamatan.

  1. Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan

Kegiatan Rencana Pembangunan Kecamatan mempunyai target kinerja adalah terhimpunnya usulan prioritas pembangunan Kecamatan.

 

Adapun realisasi masing-masing kegiatan pada Kecamatan Pangkalan LesungKabupaten Pelalawan dapat digambarkan sebagai berikut:

 

  1. PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran anggaran sebesar Rp.1.069.580.405,- dengan realisasi sebesar Rp.1.107.390.400,- atau 100%sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100% artinya Program Pelayanan Administrasi Perkantoran capaian kinerja adalah terealisasi materai, kebutuhan beban listrik dan komunikasi, surat kendaraan dinas/ operasional sebanyak 11 (sebelas) unit, tenaga kebersihan sebanyak 4 (empat) orang, kebutuhan alat tulis kantor, kebutuhan cetak dan penggandaan, komponen listrik, peralatan dan perlengkapan kantor, bahan bacaan majalah/ koran, makanan dan minuman, rapat-rapat koordinasi, tenaga pendukung administrasi sebanyak 9 (sembilan) orang, tenaga pendukung keamanan kantir sebanyak 4 (empat) orang dan terselenggara pengadaan barang/ jasa dengan baik dan tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Adapun capaian masing-masing kegiatan dari program pelayanan administrasi perkantoran sebanyak 14 (empat belas) kegiatan sebagai berikut:

 

  1. Penyediaan Jasa Surat Menyurat

Anggaran Kegiatan Penyediaan Jasa Surat-Menyurat sebesar Rp. 6.777.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 6.775.000,- atau 99,97% dan sisa anggaran sebesar Rp. 2.000,- atau 0,03%. Sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terealisasi materai dan telah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan penyediaan jasa surat-menyurat terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Perangko/ Materai dan Benda Pos lainnya anggara sebesar Rp. 6.777.000,-. Sedangkan realisasi sebesar 6.775.000,- atau 99,97 % dan sisa anggaran sebesar 2.000,- atau 0.03% telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air, dan Listrik

Anggaran Kegiatan Penyediaan Jasa Telekomunikasi, sumber daya air, dan listrik sebesar Rp. 37.200.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 27.140.145,- atau 72,96% dan sisa anggaran sebesar 10.059.855,- atau 27, 04 %. Sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terpenuhi kebutuhan beban listrik dan komunikasi serta telah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan penyediaan jasa telekomunikasi, sumber daya air dan listrik terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Listrik anggaran sebesar Rp.23.400.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 13.340.145,- atau 57,01 dan sisa anggaran sebesar Rp. 10.059.855,- atau 42,99 %. Sisa anggaran dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Kawat/ Faksimili/ Internet anggaran sebesar Rp. 13.800.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 13.800.000,- atau 100 % telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas/ Operasional

Anggaran Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/ operasional sebesar Rp. 3.193.600,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 3.125.865,- atau 97,88 % dan sisa anggaran sebesar Rp. 67.735,- atau 2,12 %. Sedangkan output  dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100 %. Lengkapnya surat perizinan kendaraan dinas/ operasional sebanyak 7 (tujuh) unit dan telah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti.

 

  1. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor

Anggaran Kegiatan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor Sebesar Rp. 233.363.600,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 233.363.600,- atau 100 %, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terlaksananya kegiatan kebersihan kantor serta tersedia tenaga kebersihan sebanyak 12 (dua belas) orang sehingga lingkungan bersih dan sehat serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam Kegiatan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Honorarium Pegawai Honorer/ tidak tetap anggaran sebesar Rp. 204.750.000,- dengan realisasi sebesar Rp. 204.750.000,- atau 100%. Anggaran telah dipergunakan sesuai dengan kebutuhan pegawai honorer kebersihan.
  • Belanja Peralatan Kebersihan dan Pembersih anggaran sebesar Rp. 28.613.600,- sedangkan realisaso sebesar Rp. 28.613.600,- atau 100%. Telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Alat Tulis Kantor

Anggaran Kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantorsebesar Rp. 71.052.255,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 71.052.255,- atau 100% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Telah tersedianya kebutuhan alat tulis kantor sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan pendistribusian telah disalurkan ke bidang-bidang serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantor terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Alat Tulis Kantor anggaran sebesar Rp. 71.052.255,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 71.052.255,- atau 100%. Anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Bahan Cetakan dan Penggandaan

Anggaran Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan sebesar Rp. 22.256.150,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 22.255.800,- atau 100% sedangkan output dan outcomeyang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terpenuhi cetakan dan penggandaan sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik digunakan sesuai dengan kebutuhan bidang-bidang serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan penyediaan barang cetakan dan penggandaan terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Cetak anggaran sebesar Rp. 21.486.150,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 21.485.800,- atau 100%. Anggaran dipergunakan telah sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas dan penghematan.
  • Belanja Penggandaan anggaran sebesar Rp.770.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.770.000,- atau 100%. Anggaran dipergunakan telah sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor

Anggaran Kegiatan Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor anggaran sebesar Rp. 4.928.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 4.928.000 atau 100%. Sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya komponen instalasi listrik/ penerangan bangunan kantor berupa lampu pijar, baterai kering sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan tidak ada hambatan/ Kendala yang berarti. Dalam kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Alat Listrik dan Elektronik (Lampu Pijar, baterai Kering) anggaran sebesar Rp.4.928.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 4.928.000,- atau 100%. Penggunaan anggaran telah sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prisip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
  • Belanja Barang Inventaris kantor anggaran sebesar Rp. 4.225.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 4.170.000 atau 98,70% dan sisa anggaran sebesar Rp.55.000 atau 1,3%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar, serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Pompa anggaran sebesar Rp. 3.720.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.55.900,- atau 1,5%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar, serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Mesin Tik anggaran sebesar Rp. 3.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 3.447.400,- atau 98,50% dan sisa anggaran sebesar Rp. 52.600,- atau 1,5%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar, serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja alat penyimpanan Perlengkapan Kantor anggaran sebesar Rp.20.970.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 20.786.040,- atau 99,12% dan sisa anggaran sebesar Rp. 183.960,- atau 0,88%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar,serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Perlengkapan Kantor lainnya anggaran sebesar Rp. 4.165.800,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 4.103.000,- atau 98,49% dan sisa anggaran sebesar Rp. 62.800,- atau 1,51. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar, serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Meubelair anggaran sebesar Rp. 45.984.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 44.530.250,- atau 96,84% dan sisa anggaran sebesar Rp. 1.453.750,- atau 3,16%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar,serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja pengadaan alat pendingin anggaran sebesar Rp. 8.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 7.832.000,- atau 97,9% dan sisa anggaran sebesar Rp. 168.000,- atau 2,1%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar,serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Personal Komputer anggaran sebesar Rp. 50.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 50.198.500,- atau 99,40% dan sisa anggaran sebesar Rp. 301.500,- atau 0,60%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar,serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Pengadaan Komputer Mainfrem sebesar Rp. 2.400.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 2.345.200,- atau 97,72% dan sisa anggaran sebesar Rp. 54.800,- atau 2,28%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar,serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1.  

      Anggaran Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangananggaran sebesar Rp. 11.100.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 9.720.000,- atau 87,57 dan sisa anggaran sebesar Rp. 1.380.000,- atau 12,43 sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terealisasi bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan berupa majalah/ surat kabar serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Surat Kabar/ Majalah anggaran sebesar Rp. 11.100.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 9.720.000 atau 87,57% dan sisa anggaran sebesar 1.380.000,- atau 12,43%. Sisa anggaran dikarenakan telah sesuai dengan kebutuhan dan harga pasar, serta mengedepankanprinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1.  

      Anggaran Kegiatan Penyediaan Manakan dan Minuman anggaran sebesar Rp. 104.000.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 350.000,- atau 0,34% , sedangkan sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya makanan dan minuman rapat dan tamu kantor sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman terdiri dari Beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Makanan dan Minuman Kegiatan anggaran sebesar Rp. 51.000.000,- dengan realisasi sebesar Rp. 51.000.000,- atau 100%. Anggaran telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan. Anggaran untuk makanan dan minuman rapat tidak dibelanjakan secara optimal.

Belanja makanan dan minuman Tamu anggaran sebesar Rp. 53.000.000,- dengan realisasi sebesar Rp.52.650.000,- atau 99,34% sisa sebesar Rp. 350.000,- atau 0,66 hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1.  

Anggaran Kegiatan Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah anggaran sebesar Rp. 144.345.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.142.005.000,- atau 98,38% dan sisa anggaran sebesar Rp.2.340.000,- atau 1,62 sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya perjalanan dinas dalam daerah dan luar daerah sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, telah digunakan sesuai kebutuhan rutin dan terjalinnya rapat koordinasi/ konsultasi serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam Kegiatan Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Derah terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Perjalanan Dinas Dalam Daerah anggaran sebesar Rp. 131.515.000,- dengan realisasi sebesar Rp.130.005.000 atau 98,85% sisa sebesar Rp.1.510.000,- atau 1,15% hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan, serta sistem at cost.
  • Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah anggaran sebesar Rp. 12.830.000,- dengan realisasi sebesar Rp.12.000.000,- atau 93,53% sisa sebesar Rp.830.000,- atau 6,47% hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan, serta sistem at cost.

 

1.12. Kegiatan Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi/ Teknis Perkantoran

Anggaran Kegiatan Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi/ Teknis Perkantoran anggaran sebesar Rp.260.750.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.260.750.000,- atau 100% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya tenaga pendukung administrasi/ teknis perkantoran sebanyak 11 (sebelas) orang sehingga dapat mendukungg kelancaran administrasi kantor Camat Pangkalan Lesung dan tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan Penyediaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi/ Teknis Perkantoran terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Honorarium Pegawai Honorer/ Tidak Tetap anggaran sebesar Rp.260.750.000,- dengan realisasi sebesar Rp.260.750.000,- atau 100%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA APARATUR

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur anggaran sebesar Rp.467.536.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.465.808.000,- atau 99,20% dan sisa anggaran sebesar Rp.416.272,- atau 0,80% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya Capaian Kinerja tersedianya Perlengkapan Rumah Jabatan, semua kebutuhan ini telah terpenuhi sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Adapaun capaian masing-masing kegiatan dari program peningkatan sarana dan prasarana aparatur sebagai berikut:

 

  1. Pengadaan Perlengkapan Rumah Jabatan

Anggaran Kegiatan Pengadaan Perlengkapan Rumah Jabatan anggaran sebesar Rp.12.784.000,- sedangkan realisasinya sebesar Rp.12.050.000,- atau 94,26% dan sisa anggaran sebesar Rp.734.000,- atau 5,74% output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%.

 

  1. Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor

Anggaran Kegiatan Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor sebesar Rp.11.436.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.11.336.000,- atau 99,13%, output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya perlengkapan gedung kantor serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Peralatan Kebersihan dan bahan pembersih anggaran sebesar Rp.180.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.180.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.
  • Belanja bendera anggaran sebesar Rp.856.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.856.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.
  • Belanja Pembuatan Spanduk, brosur dan leaflet anggaran sebesar Rp.5.400.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.5.300.000,- atau 98,15% dan sisa anggaran sebesar Rp.100.000,- atau 1,85%. Hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.
  • Belanja modal Pengadaan Barang bercorak Kebudayaan Alat Olahraga anggaran sebesar Rp.5.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.5.000.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.
  • Belanja Modal Pengadaan Meubelair anggaran sebesar Rp.12.784.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.12.050.000,- atau 94,26 dan sisa anggaran sebesar Rp.734.000,- atau 5,74%. Hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.

 

  1. Pemeliharaan Rutin/ berkala Rumah Dinas

Anggaran Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala Rumah Dinas anggaran sebesar Rp.14.300.000,- sedangkan realisasinya sebesar Rp.14.300.000,- atau 100%, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Tersedianya pemeliharaan rumah dinas serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan pemeliharaan berkala rumah dinas terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Pemeliharaan Rutin/ Berkala Rumah Dinas anggaran sebesar Rp.14.300.000,- dengan realisasi sebesar Rp.14.300.000,- atau 100% atau 1%, hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.

 

  1. Pemeliharaan Rutin/ berkala Gedung Kantor

Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor anggaran sebesar Rp.129.420.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.128.757.000,- atau 99,49 dan sisa anggaran sebesar Rp.663.000,- atau 0,51%, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya capaian kinerja terawatnya gedung kantor sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung dan Bangunan anggaran sebesar Rp.64.420.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.64.407.000,- atau 99,98%dan sisa anggaran sebesar Rp.13.000,- atau 0,20%, hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan harga pasar.
  • Belanja aset tetap renovasi anggaran sebesar Rp.65.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.64.350.000,- atau 99,00% dan sisa anggaran sebesar Rp.650.000,- atau 1,00%, hal ini dikarenakan anggaran digunakan telah sesuai dengan harga pasar dengan penawaran perusahaan.
    1. Pemeliharaan Rutin/ Berjala Kendaraan Dinas/ Operasional

Anggaran Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional sebesar Rp.120.120.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 119.660.000,- atau 99,62% dan sisa anggaran sebesar Rp. 460.000 atau 99,62%, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Terpeliharanya kendaraan dinas/ operasional berupa servis, pengganti suku cadang, bahan bakar minyak/ gas/ pelumas sehingga dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Servis anggaran sebesar Rp. 7.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 7.270.000,- atau 96,93% dan sisa anggaran sebesar Rp. 230.000,- atau 3,07% hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Penggantian Suku Cadang anggaran sebesar Rp.10.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.10.270.000,- atau 97,81% dan sisa anggaran dana sebesar Rp.230.000,- atau 2,19%, hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Bahan Bakar Minyak/ Gas dan Pelumas anggaran sebesar Rp. 102.120.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.102.120.000,- atau 1,00%, hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Perlengkapan Kantor

Anggaran Kegiatan Pemeliharaan Rutin/ Berkala/ Perlengkapan Kantor sebesar Rp. 1.036.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 608.000,- atau 58,69% dan sisa anggaran dana sebesar Rp. 428.000,- atau 41,31%, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya capaian kinerja tersedianya Peralatan Kebersihan dan Bahan Pembersih serta belanja bendera dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan pemeliharaan rutin/ berkala/ perlengkapan kantor terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja Peralatan Kebersihan dan Bahan Pembersih Rp. 180.000,- sedangkan relisasi sebesar Rp. 180.000,- atau 100%, hal ini dikarenakan digunakan telah sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja bendera sebesar Rp. 856.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 428.000,- atau 50% dan sisa anggaran sebesar Rp. 428.000,- atau 50%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. Pemeliharaan Rutin/ Berkala Peralatan Gedung Kantor

Anggaran kegiatan Pemeliharaan Rutin/ berkala Peralatan Gedung Kantor sebesar Rp. 28.440.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 28.355.000,- atau 99,70% dan sisa anggaran sebesar Rp. 85.000,- atau 0,30%. Sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%, artinya capaian kinerja tersedianya bahan bakar minyak/ gas. Pemeliharaan peralatan dan mesin mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik dan tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan pemeliharaan rutin/ berkala peralatan gedung kantor terdiri beberapa belanja antara lain:

  • Belanja bahan bakar minyak/ gas anggaran sebesar Rp. 7.740.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 7.740.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Belanja pemeliharaan peralatan dan mesin anggaran sebesar Rp. 20.700.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.20.615.000,- atau 99,59% sisa anggaran sebesar Rp.85.000,- atau 0,41%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan telah sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas dan penghematan.

 

  1. Pembangunan Gedung Lainnya

Anggaran kegiatan pembangunan gedung lainnya sebesar Rp. 150.000.000,- realisasi sebesar Rp. 148.742.000,- atau 99,16% dan sisa anggaran sebesar Rp. 1.258.000,- atau 0,84%, sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya capaian kinerja terlaksananya pembangunan gedung musholla 1 unit tidak ada hambatan/ kendala. Kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja modal pembangunan gedung tempat ibadah anggaran sebesar Rp. 150.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 148.742.000,- atau 99,16% dan sisa anggaran sebesar Rp. 1.258.000,- atau 0,84%. Hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan sistem at cost serta mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN SUMBER DAYA APARATUR

Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur anggaran sebesar Rp. 124.890.000,- Sedangkan realisasi sebesar Rp.117.734.900,- Atau 94,27% dan sisa anggaran sebesar Rp. 7.155.100,- atau 8,75% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya capaian kinerja terlaksananya Pendidikan dan pelatihan formal memotivasi sumber daya aparatur dalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta semangat kerja bertambah dengan merasa bertanggung jawab pada suatu pekerjaan yang dibebankan kepada aparatur dan tidak ada hambatan/ kendala dalam pelaksaannya. Adapaun capaian masing-masing kegiatan dari program peningkatan sumber daya aparatur sebagai berikut:

 

  1. Pendidikan dan Pelatihan Formal

Anggaran kegiatan pendidikan dan pelatihan formal sebesar Rp. 81.770.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp74.614.900,- atau 91,25% dan sisa anggaran sebesar Rp7.155.100,- atau 8,75% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%, artinya capaian kinerja terlaksananya kegiatan perjalanan dinas luar daerah dan kursus-kursus singkat/ pelatihan tidak ada hambatan/ kendala. Kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja perjalanan dinas luar daerah anggaran sebesar Rp. 26.770.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 21.114.900,- atau 78,88% dan sisa anggaran sebesar Rp. 5.655.100,- atau 21,12%. Hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan sistem at cost serta mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja kursus-kursus/ pelatihan anggaran sebesar Rp.55.000.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp.53.500.000,- atau 97,27% dan sisa anggaran sebesar Rp.1.500.000,- atau 2,73%. Hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan dan sistem at cost serta mengedepankan prinsip efisiensi, efektivitas, dan penghematan.

 

  1. Penyelenggaraan Senam Sehat Kamis

Anggaran kegiatan senam sehat kamis sebesar Rp. 43.120.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp.43.120.000,- atau 100%. Sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%, artinya capaian kinerja terlaksananya kegiatan belanja jasa tenaga ahli/ instruktur/ narasumber dan belanja makan minum kegiatan tidak ada hambatan/ kendala. Kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Belanja jasa tenaga ahli/ instruktur/ narasumber anggaran sebesar Rp. 8.800.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 8.800.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Belanja makan minum kegiatan anggaran sebesar Rp. 34.320.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 34.320.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN PENGEMBANGAN SISTEM PELAPORAN CAPAIAN KINERJA DAN KEUANGAN

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan anggaran sebesar Rp. 900.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 900.000,- atau 100% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%, artinya Capaian Kinerja tersedianya Dokumenyaitu tersedianya Dokumen Laporan Keuangan (LK), Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) dan Laporan Tahunan (LT) Tahun 2014 Kantor Camat Pangkalan Lesung. Adapaun capaian masing-masing kegiatan dari peningkatan pengembangan sistem Pelaporan capaian kinerja dan keuangan sebagai berikut:

 

4.1 Kegiatan Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

Anggaran kegiatan penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun sebesar Rp. 900.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp.900.000,- atau 100%. sedangkan output dan outcome yang direncanakan sudah mencapai 100% yaitu tersedianya Dokumen Laporan Keuangan (LK), Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) dan Laporan Tahunan (LT) Tahun 2014 Kantor Camat Pangkalan Lesung. Kegiatan Penyusunan Capaian Kinerja dan Keuangan SKPD terdapat belanja antara lain:

  • Belanja cetak anggaran sebesar Rp. 600.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 600.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Belanja penggandaan anggaran sebesar Rp. 300.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 300.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT DESA/ KECAMATAN

Anggaran program Peningkatan Pelayanan Masyarakat Desa/ Kecamatan sebesar Rp. 710.444.000,- Sedangkan realisasi sebesar Rp. 651.555.500,- Atau 91,71% dan sisa anggaran sebesar Rp.58.888.500,- atau 8,29% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya Capaian Kinerja terlaksananya penunjang kegiatan di Kecamatan dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Adapaun capaian masing-masing kegiatan dari program peningkatan pelayanan Masyarakat Desa/ Kecamatan sebagai berikut:

 

  1. Kegiatan Penunjang Acara/ Kegiatan di Kecamatan

Anggaran kegiatan Penunjang acara/ kegiatan di Kecamatan sebesar Rp. 384.224.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp.329.608.000,- atau 85,79% dan sisa anggaran sebesar Rp.54.616.000,- atau 14,21% sedangkan output dan outcome yang direncanakan sudah mencapai 100%. Artinya Capaian Kinerja terlaksananya penunjang acara/ kegiatan di Kecamatan dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Honorarium Pembinaan anggaran sebesar Rp. 12.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.8.100.000,- atau 64,80% dan sisa anggaran sebesar Rp.4.400.000,- atau 35,20%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Honorarium Upah Harian/ Borongan anggaran sebesar Rp. 137.950.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.101.950.000,- atau 73,90% dan sisa anggaran sebesar Rp.36.000.000,- atau 26,10%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja Hadiah/ piala pemenang lomba anggaran sebesar Rp. 49.884.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.36.776.000,- atau 73,72% dan sisa anggaran sebesar Rp.13.108.000,- atau 26,28%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja bahan pembantu anggaran sebesar Rp. 19.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.19.200.000,- atau 98,46% dan sisa anggaran sebesar Rp.300.000,- atau 1,54%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja jasa/ bantuan transportasi anggaran sebesar Rp. 10.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.10.450.000,- atau 99,52% dan sisa anggaran sebesar Rp.50.000,- atau 0,48%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja cetak anggaran sebesar Rp. 1.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.660.000,- atau 66,00% dan sisa anggaran sebesar Rp.340.000,- atau 34,00%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja sewa meja kursi anggaran sebesar Rp. 2.100.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.2.080.000,- atau 99,05% dan sisa anggaran sebesar Rp.20.000,- atau 0,95%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja sewa tenda anggaran sebesar Rp. 22.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 22.500.000,- atau 100%.Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Belanja makanan dan minuman peserta anggaran sebesar Rp. 53.500.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 53.500.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Belanja pakaian dinas upacara anggaran sebesar Rp. 34.790.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.34.392.000,- atau 98,86% dan sisa anggaran sebesar Rp.398.000,- atau 1,14%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja pakaian adat daerah anggaran sebesar Rp. 40.000.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp. 40.000.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Kegiatan Tunjangan Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa/ Kecamatan

Anggaran kegiatan tunjangan pembinaan aparatur pemerintah desa/ Kecamatan sebesar Rp. 195.300.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 195.300.000,- atau 100% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya Capaian Kinerja terlaksananya kegiatan tunjangan pembinaan aparatur pemerintah desa/ Kecamatan dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Honorarium Pegawai Honorer/ Tidak Tetap anggaran sebesar Rp. 195.300.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 195.300.000,- atau 100%. Hal ini dikarenakan anggaran digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Kegiatan Rapat Koordinasi Unsur Pimpinan Kecamatan

Anggaran kegiatan rapat koordinasi unsur pimpinan kecamatan sebesar Rp. 16.920.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 13.770.000,- atau 81,38% dan sisa anggaran sebesar Rp. 3.150.000,- atau 18,62% sedangkan output dan outcome yang dihasilkan sudah mencapai 100%. Artinya Capaian Kinerja terlaksananya kegiatan rapat koordinasi unsur pimpinan kecamatan dapat mendukung kelancaran kinerja aparatur dengan baik, serta tidak ada hambatan/ kendala yang berarti. Dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa belanja antara lain:

  • Honorarium Kegiatan anggaran sebesar Rp. 12.600.000,- sedangkan realisasi sebesar Rp.9.450.000,- atau 75% dan sisa anggaran sebesar Rp.3.150.000,- atau 25%, hal ini dikarenakan telah digunakan sesuai dengan kebutuhan serta mengedepankan prinsip efisien, efektivitas, dan penghematan.
  • Belanja makanan dan minuman rapat anggaran sebesar Rp. 4.320.000,-sedangkan realisasi sebesar Rp. 4.320.000,- a

Camat

Berita Terpopuler

PangkalanLesung.id – Jelang upacara peringatan HUT RI KE
Pangkalanlesung.id - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas)

Video Terpopuler

Download

RENSTRA 2017-2021 (17 kali download)
RENJA 2017 MURNI (14 kali download)
RENJA 2017 PERUBAHAN KEDUA (0 kali download)

Banner